Meski Dihantui Risiko, BI Nilai Perbankan Indonesia Masih Kuat

Kompas.com - 08/08/2016, 14:56 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Kinerja perbankan Indonesia hingga kuartal II 2016 belum menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Perbankan masih tertekan oleh pelambatan penyaluran kredit dan tren meningkatnya rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL).

Kendati demikian, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan, secara umum bank sentral memandang perbankan nasional masih dalam kondisi yang kuat.

Hal ini tecermin dari rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) yang berada pada posisi di atas 22 persen.

"Akan tetapi, kami paham bahwa pertumbuhan kredit pelan, tercatat di bawah 10 persen. NPL naik sampai 3,1 persen," kata Agus di Jakarta, Senin (8/8/2016).

Menurut Agus, likuiditas di dalam negeri masih terjaga.

Likuiditas di pasar akan tetap terjaga apabila pemerintah tidak menerbitkan surat utang terkait dengan pemangkasan anggaran sebesar Rp 133 triliun.

"Kalau belanja negara sudah diturunkan, maka pemerintah tidak perlu lagi mengeluarkan surat utang. Ini akan membuat likuiditas di perbankan terjaga," kata Agus.

Terkait pertumbuhan kredit, Agus menyatakan bank sentral memperkirakan pertumbuhan kredit pada tahun 2016 berada pada kisaran 10 hingga 11 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.