Hillary Clinton Cemooh Tim Ekonomi Donald Trump, Kenapa?

Kompas.com - 09/08/2016, 13:36 WIB
Calon Presiden AS Donald Trump dan Hillary Clinton. Calon Presiden AS Donald Trump dan Hillary Clinton.
|
EditorM Fajar Marta

NEW YORK, KOMPAS.com — Kandidat calon presiden Amerika Serikat, Hillary Clinton, mencemooh rivalnya, Donald J Trump, karena memasukkan enam orang bernama Steve ke dalam tim ekonominya.

Hal ini pun banyak disoroti oleh publik. Trump mengumumkan jajaran tim ekonominya, termasuk rencana kebijakan ekonominya, dalam sebuah pidato di Detroit, negara bagian Michigan, Senin (8/8/2016) waktu setempat.

Pilihan Trump untuk memasukkan enam pria bernama Steve ke dalam tim ekonominya pun memancing lelucon.

"Jadi hari ini di Detroit, dia mempunyai selusin sekian penasihat ekonomi yang merupakan miliarder, pria-pria hedge fund, dan enam orang bernama Steve," kata Clinton di St Petersburg, Florida.

Menurut Clinton, Trump mencoba membuat ide-ide lama dan melelahkannya terlihat sebagai sesuatu yang baru.

Lalu, siapa saja sebenarnya enam orang bernama Steve yang masuk dalam tim ekonomi Trump?

Tim ekonomi Trump dihuni bankir Stephen "Steve" Calk, praktisi keuangan Steve Feinberg, Direktur Keuangan Nasional Trump Steve Mnuchin, serta pendiri dan CEO Vornado Realty Trust, Steven "Steve" Roth.

Lalu, ada pula mantan kolumnis ekonomi Wall Street Journal, Steve Moore, dan direktur kebijakan sekaligus ketua tim ekonomi Trump, Stephen "Steve" Miller.

Ada beberapa hal yang disoroti publik terkait tim ekonomi Trump. Meski Trump memasukkan enam orang bernama Steve, tetapi yang disoroti publik adalah tak ada satu pun wanita di dalam tim tersebut.

Tim ekonomi Trump yang terdiri atas 13 pria, semuanya adalah miliarder dan berlatar belakang bankir ataupun manajer investasi hingga pemain poker profesional paruh waktu.

Banyak dari anggota tim ekonomi tersebut pernah menjalin hubungan bisnis dengan Trump.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.