Lion Parcel, Usaha Lion Air Group untuk Bantu UKM Distribusikan Produk

Kompas.com - 09/08/2016, 20:45 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Lion Air Group melalui anak usahanya PT Lion Parcel membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk distribusikan produk-produk ke seluruh Indonesia.

Pendiri Lion Air Group, Rusdi Kirana mengatakan saat ini banyak sekali produk-produk UKM yang menarik di daerah, tetapi UKM tersebut sulit sekali untuk pasarkan produknya.

Dengan adanya Lion Parcel menjadi solusi bagi UKM untuk pasarkan produknya. 

"Nantinya kami lakukan pengiriman produk-produk UKM dengan menggunakan sistem door to door yang menggunakan armada milik maskapai Lion Group," ujarnya usai meresmikan Gedung PT Lion Parcel, di Jakarta, Selasal (9/8/2016).

Dia menjelaskan, nantinya UKM-UKM bisa manfaatkan layanan-layanan yang disediakan oleh Lion Parcel untuk kirimkan produknya dengan biaya khusus. Namun, dia tidak menyebutkan berapa biaya khusus yang diberikan kepada UKM-UKM.

Rusdi menuturkan, saat ini Lion Parcel telah memiliki 82 perwakilan utama dan 3.000 agen penjualan (point of sales) yang tersebar di kota-kota besar sampai pelosok daerah. Sehingga dengan jumlah agen tersebut, nantinya bisa melayani UKM-UKM yang terdapat di pelosok daerah.

"Kami juga masih mengejar target jumlah jaringan sebanyak 6.000 agen penjualan di seluruh pelosok nusantara," ucap Rusdi yang juga sebagai Dewan Pertimbangan Presiden.

Dia juga mengungkapkan, Lion Parcel juga telah bekerja sama dengan jaringan mini­market Alfamart dan Alfamidi di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur untuk melayani UKM-UKM yang di daerahnya tidak memiliki agen perwakilan.

Pada kesempatan yang sama Rusdi Kirana juga meresmikan kantor pusat PT Lion Parcel di daerah Kedoya, Jakarta Barat. Kantor pusat ini nantinya akan dijadikan sentral kegiatan operasional, pengembangan agen penjualan, dan juga untuk pergudangan untuk produk-produk UKM.

Kompas TV Baru 10% UKM yang Manfaatkan Teknologi Digital
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.