Memahami 5 Kunci Komunikasi untuk Kolaborasi

Kompas.com - 10/08/2016, 12:30 WIB
Ilustrasi komunikasi antara ibu dan remaja ShutterstockIlustrasi komunikasi antara ibu dan remaja
EditorAprillia Ika

Oleh: Jazak Yus Afriansyah

Kolaborasi dalam sebuah korporasi untuk mencapai dan mewujudkan Visi adalah sesuatu yang sangat esensi. Sebab, semua departemen didalam korporasi tersebut tidak akan mampu berkontribusi tanpa kolaborasi dengan departemen lainnya.

Dalam kenyataannya ternyata tidak mudah untuk berkolaborasi. Salah satu penyebab utama adalah adanya hambatan atau tantangan didalam proses komunikasi. Mengapa demikian?

Seperti kita ketahui bahwa semua kolaborasi yang diupayakan pasti dimediasi oleh sebuah proses komunikasi, sehingga menguasai lima kunci komunikasi adalah wajib hukumnya bagi semua pemangku kepentingan dan semua penghuni korporasi, tanpa terkecuali!

Lantas apakah 5 Kunci Komunikasi tersebut?

Secara ringkas 5 Kunci Komunikasi yang terdiri dari: Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal, Keahlian Menyimak, Keahlian Berbicara, dan Keahlian Menulis.

Mari kita kupas satu per satu 5 Kunci Komunikasi tersebut.

Kunci pertama, yaitu Komunikasi Verbal atau komunikasi yang disampaikan melalui ucapan atau ujaran. Berkaitan dengan kunci pertama ini yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap komunikasi verbal diupayakan memiliki struktur yang runut agar pesan yang disampaikan mudah dipahami oleh mitra bicara kita.

Kunci kedua, yaitu Komunikasi Non Verbal. Komunikasi ini berdasarkan kajian ilmiah memiliki tingkat kejujuran sekitar 80 persen dibandingkan dengan komunikasi verbal, mengapa ini bisa terjadi?

Hal ini disebabkan Komunikasi Non Verbal dikendalikan oleh otak bawah sadar manusia atau sub-consciousness.  Akibatnya, tidak ada atau sedikit sekali peluang bagi seseorang untuk melakukan rekayasa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X