OJK: Penguatan Kinerja Pasar Modal Indonesia Bukan Hadiah Perekonomian Global

Kompas.com - 10/08/2016, 15:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tembus ke level 5.000 pada 30 Juni 2016 lalu. Kemudian, pada tanggal 27 Juli 2016, IHSG melonjak ke level 5.247,36.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida menyatakan, pada akhir bulan Juli tersebut Nilai Kapitalisasi Pasar Saham mencapai Rp 5.676 triliun.

Adapun nilai transaksi saham pada hari itu hampir mencapai Rp 6 triliun. Lalu, per 9 Agustus 2016 kemarin, IHSG telah bertengger di angka 5440,29.

Nilai Kapitalisasi Pasar telah sampai pada Rp. 5.859 triliun dan nilai transaksi saham mencapai Rp 8,78 triliun.

"Membaiknya ketiga indikator utama bursa tersebut juga telah mendorong peningkatan Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana yang telah mencapai hampir Rp 323 triliun pada tanggal 8 Agustus lalu," kata Nurhaida di Bursa Efek Indonesia, Rabu (10/8/2016).

Nurhaida menyebut, angka-angka yang cukup fantastis dan tidak diperkirakan sebelumnya di awal tahun. Namun, ia menyatakan ini patut disyukuri dan harus dipertahankan.

"Peningkatan kinerja yang patut kita syukuri tersebut, bukan terjadi secara kebetulan apalagi hadiah dari perekonomian global yang kondisinya hingga saat ini masih dipenuhi ketidakpastian bahkan cenderung terus mengalami perlambatan," ujar dia.

Berkah dari Kebijakan Pemerintah

Nurhaida memaparkan, penguatan kinerja pasar modal tercermin dari IHSG, nilai kapitalisasi pasar saham, nilai transaksi saham, dan NAB reksa dana. 

Penguatan tersebut merupakan dampak dari beberapa kebijakan yang diambil pemerintah baru-baru ini, salah satunya adalah disetujuinya Undang-undang tentang Penghapusan Pajak oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.