Perkuat Bisnis, Hewlett Packard Akuisisi Pesaing Lama

Kompas.com - 12/08/2016, 13:33 WIB
Kantor pusat Hewlett-Packard (HP) di Palo Alto, California, Amerika Serikat Justin Sullivan/Getty ImagesKantor pusat Hewlett-Packard (HP) di Palo Alto, California, Amerika Serikat
|
EditorM Fajar Marta

NEW YORK, KOMPAS.com - Raksasa teknologi Hewlett Packard Enterprise mengumumkan rencana akuisisi produsen komputer high-end ikonik Silicon Graphics (SGI).

Kabarnya, akuisisi tersebut seharga 7,75 dollar AS per saham atau 275 juta dollar AS baik tunai maupun dengan utang, setara sekira Rp 3,6 triliun.

Akuisisi ini dinilai sebagai satu cara HP memenangkan persaingan dari pesaing lamanya.

Tahun lalu, SGI membukukan pendapatan 521 juta dollar AS, merugi hampir 39 juta dollar.

Pendapatan SGI turun dalam beberapa tahun terakhir, tercatat sebesar 767 juta dollar AS pada tahun 2013.

Ketidakpuasan investor pun tecermin dari kinerja saham SGI yang sejak lama berusaha keras untuk tetap berada pada harga di atas 5 dollar AS per lembar saham.

Mengutip Business Insider, Jumat (12/8/2016), keputusan HP mengakuisisi perusahaan yang pendapatannya melorot adalah pilihan yang menarik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, CEO Meg Whitman yang sudah lima tahun menjabat, mendivestasi perseroan dari unit bisnis yang kinerjanya kurang bagus dan mencari beberapa pasar yang memiliki potensi tumbuh.

Akhirnya, Whitman membelah HP menjadi dua perusahaan. HP Inc menangani bisnis mesin cetak dan komputer personal alias PC, sementara HPE menangani bisnis server, perangkat lunak, dan teknologi pusat data.

Berdasarkan pernyataan resmi HPE, akuisisi SGI akan meningkatkan kehadiran HPE dalam pasar high performance computing (HPC) yang saat ini memiliki valuasi 11 miliar dollar AS. Saat ini SGI memiliki sekira 1.100 orang pegawai.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X