Tingkatkan Efisiensi, PLN Akan Akuisisi Pertamina Geothermal Energy

Kompas.com - 12/08/2016, 21:04 WIB
Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir. Icha RastikaDirektur Utama PT PLN Sofyan Basir.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero berencana akuisisi anak usaha PT Pertamina (Persero) di bidang pengembanganan panas bumi yakni PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Direktur utama PT PLN Sofyan Basyir mengatakan, akuisisi tersebut bertujuan untuk menurunkan biaya pokok produksi (BPP) panas bumi sebagai salah satu bahan bakar pembangkit listrik.

Namun Sofyan tidak menyebutkan berapa potensi penurunan BPP panas bumi dengan adanya akuisisi tersebut.

"Ya turun pasti, nanti untuk biaya panas bumi ini Insya Allah jadi turun biayanya," ujarnya saat ditemui, di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Jumat (12/8/2016).

"Manfaatnya juga jadi lebih efisien. Dulu uapnya dari Pertamina, habis itu baru dibeli oleh PLN. Nah kalau jadi anak usaha kan, ambil uap langsung dijadikan listrik," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.