Produsen Kopi Asal Jawa Timur Ini Akan Buka "Warung Kopi" di Australia

Kompas.com - 15/08/2016, 21:19 WIB
Kopi 'Mahkota Raja' asal Jawa Timur yang mampu Ekspor ke Malaysia, Singapura, Australia dan Dubai. (Dok Kopi Mahkota Raja) Pramdia Arhando JuliantoKopi 'Mahkota Raja' asal Jawa Timur yang mampu Ekspor ke Malaysia, Singapura, Australia dan Dubai. (Dok Kopi Mahkota Raja)
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Koperasi Mukmin Mandiri asal Jawa Timur yang sudah berhasil menembus pasar kopi internasional akan melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka warung kopi di Melbourne, Australia.

Hal ini dilakukan untuk memperoleh nilai tambah dalam mengembangkan bisnis kopi.

"Masih dicarikan lokasinya atau outlet-nya dan saat ini sedang menunggu waktu yang tepat, kami sedang negosiasi harga, rencananya akan buka di Melbourne, Australia," ujar Muhammad Zakki, Pimpinan Koperasi Mukmin Mandiri, Jawa Timur, Senin (15/8/2016).

Menurut Zakki, kopi yang dihasilkan Koperasi Mukmin Mandiri diolah dari perkebunan milik Pesantren Mukmin Mandiri dengan luas lahan 400 hektar di daerah Tulungagung.

"Salah satu bahan bakunya bersumber dari perkebunan kopi kami di Tulungagung dan dicampur dengan kopi Dampit Malang yang terkenal sebagai kopi khas Jawa," ujarnya.

Ide pembukaan warung kopi di Australia ini dilontarkan oleh Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop) AAGN Puspayoga saat melepas ekspor perdana Koperasi Mukmin Mandiri.

Menurut Menkop, Koperasi Mukmin Mandiri diharapkan bisa mengoperasikan warung kopi di Australia mengingat masyarakat Sidney dan Melbourne gemar mengonsumsi kopi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X