Alokasi Belanja Negara Rp 2.070,5 Triliun, Pembangunan Infrastruktur Tetap Prioritas

Kompas.com - 16/08/2016, 19:52 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengalokasikan belanja negara Rp 2.070,5 triliun pada 2017. Angka tesebut sedikit lebih rendah dari belanja negara dalam APBN-P 2016 sebesar Rp 2.082.

Presiden menyampaikan, belanja negara terdiri dari belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp1.310,4 triliun, dan alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 760 triliun.

"Kebijakan fiskal dalam tahun 2017 masih bersifat ekspansif yang terarah untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan defisit anggaran RAPBN 2017 ditargetkan sebesar Rp 332,8 triliun," ujar Presiden dalam pidatonya di Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Meski tidak merinci alokasi anggarannya, Persiden masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarwilayah. Menurut ia, pembangunan infrastruktur diperlukan untuk memperbaiki kualitas pembangunan dan terwujudnya kedaulatan pangan.

Sejumlah proyek pun akan ditingkatkan alokasinya yakni pembangunan tol laut dan pelayaran rakyat, pembangunan sarana dan prasarana ketenagalistrikan, perumahan, sanitasi dan air bersih.

Selain itu, ada lagi pembangunan jalan baru dan jalan tol, serta pembangunan dan pengembangan transportasi perkeretaapian, serta penciptaan sawah baru.

Sementara untuk sektor lainnya, mencakup perbaikan mutu layanan kesehatan, keberlanjutan program Jaminan Kesehatan Nasional, perbaikan program beras untuk keluarga sejahtera, dan sektor pendidikan.

Kompas TV Berhemat, Pemerintah Sunat Anggaran Menteri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.