Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Sistem Non-tunai, Mensos Jamin Penyaluran Bansos Tak Ada Potongan

Kompas.com - 18/08/2016, 22:39 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Sosial dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dalam penyaluran dana bantuan sosial (bansos) secara elektronik.

Sistem non-tunai dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini akan menghilangkan kebocoran dalam penyaluran bansos.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, penyaluran dana bansos akan rentan terhadap penyelewengan apabila masih dilakukan secara tunai.

"Jika diberikan dalam bentuk tunai, apakah kita bisa memastikan 100 persen dana bansos bisa diterima seluruhnya oleh masyarakat? Belum lagi ada risiko tidak tepat waktu, harusnya awal bulan, ternyata awal bulan belum datang dan risiko lainnya," ujar Khofifah saat peluncuran KKS di Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2016).

Menurutnya, dengan penerapan sistem non-tunai, penyaluran dana bansos akan langsung diterima masyarakat dengan jadwal yang tepat waktu.

"Bantuan Program Keluarga Sejahtera akan langsung, tepat waktu, dan tidak ada potongan, 100 persen ke masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, dengan peluncuran KKS melalui layanan perbankan, masyarakat diharapkan akan lebih mudah dalam mendapatkan akses perbankan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com