Wacana Uang Muka 0 Persen Jadi Penggerak Saham Astra International

Kompas.com - 19/08/2016, 12:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum lama ini mewacanakan pemberlakuan uang muka atau down payment (DP) pembiayaan kendaraan bermotor yang saat ini 15 sampai 20 persen menjadi 0 persen.

Wacana pemangkasan DP tersebut pun langsung memberikan dampak pada pergerakan harga saham PT Astra International Tbk (ASII) sebagai salah satu emiten sektor otomotif yang bergerak naik.

Pada perdagangan kemarin saja, harga saham ASII naik hingga 7,30 persen dari harga pembukaan di 7.500 per saham menjadi 8.450 per saham.

"Wacana uang muka 0 persen masih menjadi faktor penggerak, pasar langsung merespon," ujar Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/8/2016).

Menurut Satrio, saham ASII masih cukup bagus untuk dijadikan pilihan investor meningkatkan portofolio investasinya.

Hal senada disampaikan Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Surya Wijaya yang mengatakan, prospek saham ASII masih terlihat cukup cerah berkat adanya wacana pemangkasan uang muka dan juga munculnya varian-varian baru produk Astra.

"Bermunculan varian baru dari alat transportasi yang turut memberikan sentimen positif kepada harga saham berbasis otomotif," tutur William.

Sekadar informasi, baru-baru ini Astra meluncurkan dua produk terbarunya dengan harga murah yang dipasarkan di Indonesia yakni Daihatsu Sigra dan Toyota Calya yang disebut-sebut akan menarik banyak konsumen untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Kompas TV Penjualan Otomotif Terus Turun
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.