Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Uang Muka 0 Persen Jadi Penggerak Saham Astra International

Kompas.com - 19/08/2016, 12:30 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum lama ini mewacanakan pemberlakuan uang muka atau down payment (DP) pembiayaan kendaraan bermotor yang saat ini 15 sampai 20 persen menjadi 0 persen.

Wacana pemangkasan DP tersebut pun langsung memberikan dampak pada pergerakan harga saham PT Astra International Tbk (ASII) sebagai salah satu emiten sektor otomotif yang bergerak naik.

Pada perdagangan kemarin saja, harga saham ASII naik hingga 7,30 persen dari harga pembukaan di 7.500 per saham menjadi 8.450 per saham.

"Wacana uang muka 0 persen masih menjadi faktor penggerak, pasar langsung merespon," ujar Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/8/2016).

Menurut Satrio, saham ASII masih cukup bagus untuk dijadikan pilihan investor meningkatkan portofolio investasinya.

Hal senada disampaikan Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Surya Wijaya yang mengatakan, prospek saham ASII masih terlihat cukup cerah berkat adanya wacana pemangkasan uang muka dan juga munculnya varian-varian baru produk Astra.

"Bermunculan varian baru dari alat transportasi yang turut memberikan sentimen positif kepada harga saham berbasis otomotif," tutur William.

Sekadar informasi, baru-baru ini Astra meluncurkan dua produk terbarunya dengan harga murah yang dipasarkan di Indonesia yakni Daihatsu Sigra dan Toyota Calya yang disebut-sebut akan menarik banyak konsumen untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Kompas TV Penjualan Otomotif Terus Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com