Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boediono: Independensi BI berkat Peran BJ Habibie

Kompas.com - 22/08/2016, 11:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Wakil Presiden RI Boediono memuji mantan Presiden ketiga RI BJ Habibie. Menurut Boediono, Habibie memiliki peran yang besar dalam mendukung independensi Bank Indonesia (BI).

"Independensi BI muncul saat Pak Habibie menjadi presiden. Beliau mendukung independensi bank sentral," kata Boediono dalam keynote speech peluncuran BI Institute di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Boediono mengungkapkan, Habibie lama menuntut ilmu di Jerman. Oleh karena itu, dia memahami dan sangat terinspirasi dengan independensi bank sentral Jerman yang sangat tinggi.

"Makanya, beliau mendukung revisi undang-undang BI dan mendukung independensi BI yang kuat. Undang-undang itu berdasarkan masukan dari pakar dari dalam dan luar negeri," ujar Boediono.

Bahkan, mantan gubernur bank sentral Jerman pun kala itu dilibatkan sebagai pakar untuk memberi masukan saat menggodok UU BI. Selain itu, jajaran menteri ekonomi juga turut menggodok undang-undang bank sentral tersebut.

"Eks gubernur bank sentral Jerman memberi masukan kepada kami-kami ini waktu itu, Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, saya yang waktu itu di Bappenas, dan Gubernur BI saat itu Pak Syahril Sabirin," terang Boediono.

Disahkannya UU BI saat itu, diakui Boediono, merupakan saat yang tepat. Pasalnya, apabila BI baru meminta independensi pada era saat ini, Boediono memandang hal itu sulit untuk dipenuhi.

"Momen historis itu perlu dicatat dalam sejarah BI. Timing-nya pas. Kalau Anda mengajukan independensi sekarang sulit karena sekarang pemikirannya berbeda," tutur Boediono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com