Aneka Gas Industri Targetkan Bangun 10 Stasiun Pengisian Baru

Kompas.com - 22/08/2016, 16:51 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dijawalkan akan melakukan penawaran umum saham perdana Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada bulan September mendatang, PT Aneka Gas Industri Tbk (AGI) menargetkan dana yang terkumpul sebesar Rp 989 miliar.

Wakil Direktur Utama AGI Rachmat Harsono menjelaskan, sebesar 40 persen dana yang diperoleh IPO akan digunakan untuk ekspansi pemabangunan stasiun pengisian atau filling station.

Rachmat menambahkan, pihaknya menargetkan dapat menambah 10 filling station baru yang tersebar di Indonesia. Sementara untuk jangka panjang, Aneka Gas menargetkan dapat membangun hingga 200 filling station di 35 provinsi.

"Jadi membangun network-network kami. Kami ada di 22 provinsi di Indonesia, kami ingin berkembang sampai ada 33-35 provinsi, seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi. Sampai 200 filling station. Saat ini ada 80 filling station. Target tahun ini tambah 10 filling station dengan target dua filling station per bulan," kata Rachmat di Ritz Carlton PP, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Sementara itu, terkait ekspansi filling station AGI lebih memfokuskan ekspansinya di dalam negeri, setelah didalam negeri kuat baru kemudian perseroan menargetkan untuk bisa ekspansi ke luar negeri.

"Kalau ada kesempatan ke luar, kami kuatkan dulu di Indonesia. Kami untuk ekspansi fokus bisnis di Indonesia. Tapi itu (ekspansi luar negeri) untuk agenda jangka panjang," tuturnya.

Berkaitan dengan capex pada tahun ini AGI sudah mencatatkan sebesar Rp 500 miliar, dan perseroan memproyeksikan peningkatan market share sekitar 20 sampai 30 persen dalam lima tahun kedepan, dan kenaikan laba sebesar 10 sampai 15 persen.

"Dari dana yang kita raup cukup untuk ekspansi, tapi kita tujuan dari IPO ini untuk meningkatkan profit. Pendapatan paling besar di sektor retail 30 persen, medical, infastruktur," pungkas Rachmat.

Kompas TV Proyek Migas Masela Mundur ke 2020

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.