Bank Sulteng Dapat Apresiasi dari BPJS Ketenagakerjaan, Ada Apa?

Kompas.com - 23/08/2016, 13:38 WIB
Secara simbolis, pekerja rentan atau pekerja bukan penerima upah, menerima kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk kepesertaan selama tiga bulan, Senin (23/08/2016). Kontributor Palu, Erna Dwi LidiawatiSecara simbolis, pekerja rentan atau pekerja bukan penerima upah, menerima kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk kepesertaan selama tiga bulan, Senin (23/08/2016).
|
EditorAprillia Ika

PALU, KOMPAS.com – BPJS Ketenagakerjaan memfasilitasi donasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Sulteng, untuk ribuan pekerja rentan atau pekerja bukan penerima upah di Palu, Sulawesi Tengah. Donasi itu untuk melindungi para pekerja tersebut.

Dana CSR tersebut akan diberikan kepada 3.000 orang nelayan, petani dan petugas kebersihan selama tiga bulan di Kota Palu dan sekitarnya.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengatakan, salah satu upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada para pekerja rentan adalah dengan menggandeng mitra BPJS Ketenagakerjaan, seperti perbankan, melalui optimalisasi dana CSR.

“Kami sedang mengembangkan sistem yang memfasilitasi proses donasi ini agar transparan, akuntabel dan tepat sasaran,” kata Agus, di Palu, Selasa (23/08/2016).

Agus menjelaskan, nantinya sistem yang dibangun ini merupakan sistem berbasis elektronik atau online. Sistem ini akan menyediakan informasi atau pilihan target donasi pekerja rentan.

Termasuk juga, besaran dan periode masa donasi, serta pelaporan reguler mengenai status kepesertaan donasi pekerja rentan.

“Dengan cara seperti ini, kami bersama mitra kerja yang ikut serta akan membantu mengurangi kerentanan sosial terhadap pekerja di Indonesia, sekaligus menjadikan mereka pekerja yang mandiri dan tangguh,” ujar Agus.

Data BPJS Ketenagakerjaan, angka untuk pekerja bukan penerima upah di Kota Palu mencapai 690 ribu orang.

Potensi ini cukup besar, untuk itu diharapkan perusahaan BUMN dan swasta yang ada di Kota Palu bisa mengikuti langkah Bank Sulteng untuk menyalurkan dana CSR mereka untuk perlindungan pekerja rentan yang lebih bermanfaat.

Kompas TV Sosialisasi Fitur Baru BPJSTK Mobile



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X