Kompas.com - 26/08/2016, 09:21 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (26/8/2016) dibuka di zona merah. IHSG tercatat turun 0,03 persen atau turun 1,86 poin ke level 5.452,25.

Penyebabnya, enam sektor tertekan pada pembukaan bursa pagi ini akibat aksi ambil untung. Sebab pada penutupan perdagangan Kamis (25/8/2016) lalu, IHSG ditutup dengan kenaikan 50 poin atau 0,93 persen.

Sektor yang mengalami penurunan yakni sektor konsumer, perkebunan, manufaktur, infrastruktur, perdagangan, dan sektor industri dasar.

Sementara sektor yang mengalami kenaikan yakni pertambangan, aneka industri, keuangan dan properti.

Dari data RTI, volume perdagangan saham pada pembukaan bursa ini mencapai 151,37 juta. Sementara nilai transaksinya mencapai Rp 79,46 miliar.

Tercatat 74 saham dibuka naik, 36 saham dibuka turun dan 57 saham dibuka tetap. Kemungkinan indeks akan berbalik arah ke zona hijau, sebab aksi beli investor asing marak. Tercatat net foreign buy di semua papan perdagangan mencapai Rp 491,3 juta.

Di pasar global, bursa AS turun mennati pidato Janet Yellen, petinggi Federal Reserve, bank sentral AS. Indeks Dow Jones turun 0,18 persen. Indeks S&P 500 turun 0,14 persen dan indeks Nasdaq composite turun 0,11 persen.

Kompas TV Ini Dampak Naiknya Harga Minyak Dunia


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.