Dukung UMKM, Bank Indonesia Gelar Pameran Kerajinan UMKM

Kompas.com - 26/08/2016, 15:05 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (26/8/2016). Pramdia Arhando/KOMPAS.com Pramdia Arhando JuliantoGubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (26/8/2016). Pramdia Arhando/KOMPAS.com
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menggelar pameran produk UMKM dari seluruh Indonesia di Balai Kartini, Jakarta Pusat pada tanggal 26-27 Agustus 2016.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan pameran ini dilaksanakan untuk mendorong munculnya kegiatan ekonomi baru di Indonesia.

"Pameran sebagai wujud konkret pengembangan UMKM oleh BI yang bertujuan untuk mendorong penciptaan pengembangan kegiatan ekonomi baru. Ini juga dilakukan untuk melestarikan cinta budaya daerah," kata Agus saat membuka pameran UMKM binaan BI di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Agus menuturkan, pameran tersebut untuk memperkenalkan karya-karya kreatif UMKM binaan Bank Indonesia.

Dalam mengembangkan dan memajukan UMKM, BI menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Ekonomi Kreatif dan Dewan Kerajinan Nasional.

Agus menuturkan, pengembangan sektor ekonomi baru tengah menjadi fokus utama pemerintah.

"Upaya tersebut diperlukan karena dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi nasional melambat. Kami melihat ada potensi pariwisata dan industri kreatif yang akan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia," ungkap Agus.

Menurut Agus tumbuhnya sektor ekonomi baru akan menyerap lebih banyak tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian nasional.

"Ekonomi baru memberikan nilai tambah dan menciptakan lapangan kerja. Nilai tambah tersebut dapat meningkatkan ketahanan ekonomi rumah tangga dan menjaga stabilitas sistem keuangan," pungkas Agus.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X