Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed Anggap Suku Bunga Acuan AS Patut Naik, Ini Alasannya

Kompas.com - 27/08/2016, 08:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Gubernur bank sentral AS Federal Reserve Janet Yellen memberikan pidatonya pada Jumat (26/8/2016) waktu setempat. Dalam pidato tersebut, Yellen memberikan isyarat bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate.

Menurut Yellen, suku bunga acuan AS sudah sepatutnya untuk mengalami kenaikan. Apa alasannya?

"FOMC (Federal Open Meeting Committee) terus mengantisipasi bahwa kenaikan Fed Fund Rate secara gradual akan sesuai dilakukan untuk mencapai dan melanjutkan serapan tenaga kerja dan inflasi sesuai dengan tujuan kami," kata Yellen dalam pidatonya yang bertajuk The Federal Reserve's Monetary Policy Toolkit: Past, Present, and Future.

Yellen menjelaskan, aktivitas ekonomi AS terus terekspansi, didorong pertumbuhan yang solid dalam konsumsi rumah tangga. Akan tetapi, investasi bisnis masih lemah, permintaan luar negeri yang stagnan, dan penguatan dollar AS sejak pertengahan 2014 terus menekan ekspor.

Meski pertumbuhan ekonomi belum terlalu kencang, ujar Yellen, namun pasar tenaga kerja mulai menunjukkan perbaikan. Meski naik turun secara bulanan, namun dalam tiga bulan terakhir rata-rata serapan tenaga kerja mencapai 190.000 per bulan.

Selain itu, inflasi juga terus berada di bawah sasaran FOMC, yakni dua persen. Ini merefleksikan dampak transitori penurunan harga minyak dan impor sebelumnya.

"Ke depan, FOMC mengekspektasikan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang moderat, penguatan tambahan pada pasar tenaga kerja, dan inflasi meningkat ke dua persen dalam beberapa tahun ke depan," ungkap Yellen.

Menurut Yellen, sejalan dengan performa yang terus solid pada pasar tenaga kerja dan outlook kegiatan ekonomi dan inflasi The Fed, ia yakin wacana dan pandangan akan peningkatan Fed Fund Rate makin menguat dalam beberapa bulan terakhir.

"Tentu saja, keputusan kami selalu bergantung pada tingkat bagaimana data yang selanjutnya terus mengonfirmasi outlook FOMC," tutur Yellen.

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com