Anak Usaha Bank Mandiri Dukung Pengembangan Bisnis "Fintech"

Kompas.com - 30/08/2016, 10:23 WIB
Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo Kompas.com/ Bambang PJDirektur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melalui anak usahanya, Mandiri Capital Indonesia (MCI) mendukung pelaku usaha rintisan (startup) yang memanfaatkan teknologi untuk menyediakan layanan keuangan atau Fintech dalam mengembangkan bisnis.

MCI merupakan perusahaan patungan di bidang pembiayaan investasi (venture capital) yang dimiliki Bank Mandiri (99 persen) dan Mandiri Sekuritas (1 persen). MCI ini akan melakukan penyertaan modal pada perusahaan startup di bidang teknologi finansial (financial technologi/fintech) yang memiliki risiko tinggi sehingga kesulitan memperoleh pinjaman perbankan.

“Kami melihat pelaku usaha fintech, termasuk mereka yang masih startup, sebagai sebuah peluang yang baik untuk berkolaborasi demi memberikan layanan keuangan terbaik dan paling efisien bagi nasabah,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo pada acara Indonesia Fintech Festival & Conference (IFFC) di ICE BSD, Selasa (30/8/2016).

Direktur Utama Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro mengatakan, pihaknya mengelola dana sebesar Rp 500 miliar untuk disalurkan kepada startup fintech yang potensial.

“Untuk itu, kami juga bersinergi dengan stakeholder lain, yakni Indigo Telkom Indonesia dan ActionCoach dalam menciptakan startup yang potensial melalui program Mandiri Inkubator Bisnis,” ungkap Eddi.

Melalui inkubator tersebut, selama enam bulan peserta mendapatkan teori dan aplikasi terkait pemahaman dan kemampuan teknis dalam mengelola bisnis, kedisiplinan dalam mengeksekusi rencana bisnis serta kemampuan dalam menganalisa strategi dan peluang pengembangan bisnis.

“Inkubator tersebut merupakan bentuk kontribusi perseroan secara non-finansial dalam turut serta menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi sektor ini,” jelas Eddi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X