Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Sri Mulyani, "Fintech" Jadi Kesempatan bagi UMKM

Kompas.com - 30/08/2016, 12:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, industri layanan keuangan berbasis teknologi informasi atau financial technology (fintech) menjadi kesempatan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan demikian, UMKM akan memiliki akses keuangan yang baik.

Menurut Sri Mulyani, banyak unsur kesenjangan yang terjadi lantaran pelaku ekonomi di tingkat UMKM tidak memiliki akses keuangan yang sama. Ia memberi contoh adalah akses kredit modal kerja maupun volume aktivitas untuk investasi.

Sri Mulyani menuturkan, UMKM pun masih memiliki kemampuan yang terbatas dalam pengelolaan keuangan. Menurut dia, kemampuan UMKM untuk membentuk neraca hingga akses permodalan pun masih terbatas.

"Fintech merupakan suatu kesempatan bagi UMKM untuk bisa mendapatkan akses untuk bisa terjangkau," jelas Sri Mulyani pada acara Indonesia Fintech Festival & Conference (IFFC) di ICE BSD, Selasa (30/8/2016).

Sri Mulyani menyatakan, dengan fintech maka UMKM tidak lagi memiliki kemampuan penetrasi yang terbatas. Hadirnya fintech, kata dia, merupakan kesempatan baik untuk menyelesaikan masalah daya jangkau.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani pun mendorong pemerintah maupun pelaku industri keuangan untuk bisa terkoneksi dengan para pelaku UMKM. Koneksi tersebut dapat dilakukan melalui transaksi yang menguntungkan dengan pelaku-pelaku usaha yang skalanya sangat kecil.

"Dulu menyentuh dan menjangkau pelaku UMKM biayanya sangat berisiko. Dengan fintech telah dimungkinkan suatu biaya transaksi yang sifatnya sangat kecil, efisien," ungkap Sri Mulyani. (Baca: Sri Mulyani: Perbankan Jangan Anggap "Fintech" Saingan)

Kompas TV Maraknya "Fintech" di Indo, Apa Sih Itu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com