Mendag Ajak Kaum Muda Potong Mata Rantai Komoditas Pangan dengan "Fintech"

Kompas.com - 30/08/2016, 15:41 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita  usai serah terima jabatan, Jakarta, Rabu (27/7/2016) Estu Suryowati/KOMPAS.comMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai serah terima jabatan, Jakarta, Rabu (27/7/2016)
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menyatakan pihaknya mengajak kaum muda yang inovatif untuk berpartisipasi dalam memotong mata rantai komoditas pangan yang panjang dan berbelit-belit.

Caranya adalah dengan memanfaatkan layanan keuangan berbasis teknologi alias fintech.

Mendag Enggar menyebut, mata rantai dari setiap komoditas tidak kurang dari enam. Masing-masing mata rantai mengambil margin yang tinggi, bahkan berlebihan hingga sulit diterima dari kaca mata bisnis.

"Maka kita mengharapkan dengan teknologi seperti ini bisa memotong mata rantai," kata Enggar pada acara Indonesia Fintech Festival & Conference di ICE BSD, Selasa (30/8/2016).

Dia menjelaskan, beberapa waktu lalu sudah ada anak muda yang mencoba menghadirkan aplikasi online bernama 5kilo.com untuk memotong mata rantai bahan pangan. Dalam aplikasi ini, petani bisa menjual produk pangannya langsung dengan bantuan aplikasi.

"Saya sangat terkesan dengan anak-anak muda yang memilih idealisme yang tinggi. Mereka turun ke petani, melakukan kegiatan menjembatani petani dan konsumen," jelas Enggar.

Menurut Enggar, fintech dengan sistem yang dibangun oleh kaum muda harus dilihat sebagai peluang usaha.

Pemerintah termasuk kementerian yang dipimpinnya mendukung sepenuhnya perkembangan fintech di sektor ini karena sangat dibutuhkan banyak pihak.

Kegiatan semacam itu, kata Enggar, dari sisi bisnis menguntungkan. Idealisme anak muda dapat tersalurkan sekaligus dapat membantu mekanisme dengan harga yang terjamin.

"Negara ini membutuhkan kreativitas dan inovasi anak muda yang terpanggil untuk berbuat dan sekaligus melihat ini sebagai peluang usaha," ungkap Enggar.

Kompas TV Maraknya "Fintech" di Indo, Apa Sih Itu?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X