Ratu Belanda Puji Program Inklusi Keuangan di Indonesia

Kompas.com - 30/08/2016, 19:35 WIB
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda memuji program inklusi keuangan yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Ratu Maxima menyambut baik langkah pemerintah Indonesia saat ini yang memasukkan inklusi keuangan dalam program Nawa Cita.

"Saya memuji langkah pemerintah Indonesia yang memasukkan inklusi keuangan sebagai salah satu program dalam Nawa Cita," ujar Ratu Maxima dalam sambutannya pada acara Indonesia Fintech Festival & Conference di ICE BSD, Selasa (30/8/2016).

Menurut Ratu Maxima, program inklusi keuangan Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif merupakan salah satu program yang baik.

Ia mengatakan, inklusi keuangan dapat mendukung pembangunan ekonomi berbasis masyarakat sekaligus mengurangi kemiskinan.

Ratu Maxima datang ke Indonesia sebagai utusan khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Inklusi Keuangan (UNSGA). Dia menuturkan, inklusi keuangan merupakan bagian dari pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia melalui peran lembaga jasa keuangan.

Hal ini terutama dalam peningkatan inklusi dan literasi keuangan. Menurut Ratu Maxima, kalau Indonesia bisa menyukseskan inklusi keuangan, maka Indonesia bisa menjadi berkembang dengan pesat dan menjadi contoh bagi banyak negara.

Ratu Maxima menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan UNDP untuk pencapaian SDGs di Indonesia, terutama melalui peningkatan peran lembaga jasa keuangan.

Kesepakatan tersebut meliputi kerja sama pencapaian SDGs melalui akselerasi peran lembaga jasa keuangan, terutama dalam peningkatan inklusi dan literasi keuangan.

Hal ini seperti dengan penyediaan layanan keuangan digital, menumbuhkan keuangan berkelanjutan dengan implementasi yang tepat, dan mendorong peran pemerintah daerah dan masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan untuk mengurangi kemiskinan.

Kompas TV Tingkat Kemiskinan di Indonesia Memprihatinkan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.