Peserta "Tax Amnesty" Kini Bisa Mengalokasikan Dananya ke Emas Antam

Kompas.com - 01/09/2016, 11:48 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) atau Antammenyambut baik terbitnya peraturan Menteri Keuangan nomor 122/PMK.08/2016 tentang penempatan investasi di luar pasar keuangan dalam rangka pengampunan pajak.

Melalui PMK tersebut, pemerintah memperbolehkan wajib pajak pemohon amnesti pajak untuk menginvestasikan dana repatriasi pada sektor non finansial.

Salah satunya yakni dalam bentuk investasi pembelian emas. Kriterianya, emas tersebut merupakan emas batangan atau lantakan produksi dalam negeri dengan kadar kemurnian 99,99 persen yang terakreditasi Standar Nasional Indonesia (SNI) atau London Bulion Market Association (LBMA).

Direktur Keuangan Antam, Dimas Wikan Pramudhito mengatakan, produk emas Antam merupakan komoditas yang termasuk dalam kriteria dalam PMK. Saat ini Antam merupakan satu-satunya produsen emas yang memiliki sertifikasi LBMA di Indonesia.

Sertifikasi LBMA tersebut merepresentasikan bahwa produk yang dikeluarkan oleh logam mulia merupakan produk yang berstandar internasional dengan jaminan atas kemurnian 99,99 persen.

"Investasi emas memiliki keunggulan di tengah tren kenaikan harga emas dan fluktuasi nilai tukar mata uang asing," ujar Dimas dalam keterbukaan informasi, Kamis (1/9/2016).

Selain memproduksi emas, saat ini Antam juga memiliki jasa depositori logam mulia atau yang dikenal dengan BRANKAS.

Antam mengembangkan layanan BRANKAS Corporate, BRANKAS Berzakat dan BRANKAS Individu. Layanan BRANKAS dapat membantu masyarakat menginvestasikan dana yang dimilikinya dalam bentuk emas fisik secara mudah dan aman.

Informasi mengenai BRANKAS dapat diperoleh di www.brankaslm.com. Selain itu, layanan penjualan emas dan fasilitas depositori BRANKAS tersedia di 13 butik emas LM yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Kompas TV Harga Emas di Atas Rp 600.000 per Gram



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X