Ada Penghematan, Pagu Anggaran Kemenperin 2017 Dipangkas Rp 222 Miliar

Kompas.com - 01/09/2016, 15:12 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar rapat kerja bersama Komisi VI DPR. Dalam rapat tersebut pagu anggaran Kemenperin pada 2017 dipatok sebesar Rp 2,94 triliun.

Sebelumnya Kemenperin mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 3,166 triliun. Namun demikian, anggaran tersebut dipangkas sebesar Rp 222 miliar.

Menteri Perindustrian (Mennperin) Airlangga Hartarto menjelaskan, dengan anggaran yang hanya didapat Rp 2,94 triliun, ada beberapa kegiatan yang sebelumnya telah direncanakan, belum dapat terpenuhi. Ini termasuk juga kegiatan tahun 2016 yang ditunda akibat pemotongan anggaran tahun 2016.

"Komisi VI dapat memahami anggaran Kemenperin tahun 2017 sesuai surat Kemenkeu, Kemenperin dapat potongan Rp 222 miliar sehingga pagu anggaran Rp 2,943 triliun untuk selanjutnya akan dibahas oleh Banggar DPR," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR Dodi Reza Alex Noerdin, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/8/2016).

Berdasarkan data Kemenperin, alokasi terbesar diberikan pada program pengembangan SDM industri dan dukungan manajemen sebesar Rp 976,7 miliar.

Anggaran terbesar kedua dialokasikan pada program percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan industri sebesar Rp 634,8 miliar.

Untuk alokasi anggaran terbesar ketiga dialokasikan pada program pengembangan teknologi dan kebijakan industri oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) sebesar Rp 564,5 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.