Dorong Pengelolaan Pelabuhan Kelas Dunia, Dua Perusahaan Ini Kerja Sama Layanan iCargo

Kompas.com - 01/09/2016, 21:19 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Pelindo II, PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS) berupaya mendorong pengelolaan kepelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan layanan. Untuk itu, Integrasi Logistik meneken kerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jalur Prioritas (APJP) dalam rangka implementasi layanan iCargo.

Implementasi layanan ini berawal dari permasalahan pengguna jasa dan simplifikasi proses di pelabuhan. Integrasi Logistik, yang juga anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, melalui kapabilitas yang dimiliki mengeluarkan layanan Delivery Order (DO) secara online dengan merek iCargo. Sebelumnya, transaksi dilakukan dengan cara manual dengan mendatangi loket shipping line.

Melalui inovasi tersebut, proses permohonan dokumen DO dilakukan secara online, dengan manfaat terutama dalam efisiensi waktu dan efisiensi biaya, mengurangi antrian loket, terhindar dari kemacetan trafik dan juga keamanan bertransaksi. Cara ini juga dapat memangkas waktu post clearance dalam pengurusan pengeluaran barang dari pelabuhan.

Implementasi akan dilakukan secara business-to-business (B2B) dengan anggota APJP.

Integrasi Logistik telah berhasil melakukan live trial untuk layanan iCargo melibatkan stakeholder antara lain Unilever sebagai perwakilan APJP, Agility sebagai perwakilan Forwarding Unilever dan Evergreen sebagai perwakilan shipping line.

Menurut Edward Otto Kanter, Ketua Umum APJP, sistem iCargo merupakan suatu solusi inovatif, totally online & integrated dalam mewujudkan pencapaian dwelling time dua hingga tiga hari di Pelabuhan Tanjung Priok.

Layanan ini berguna, khususnya untuk mengatasi hambatan di post clearance melalui sistem elektronik antara Cargo Owner, Shipping Line dan Terminal Operator (TO3).

"Semoga melalui layanan ini, proses pengeluaran arus barang menjadi lebih lancar dan termonitor dengan baik, serta berdampak pula pada penurunan biaya penumpukkan (storage cost) di pelabuhan. Ditargetkan akhir 2016 bisa diimplementasikan di terminal seperti NPCT1, Koja, dan terminal lainnya”, jelasnya melalui keterangan pers ke Kompas.com. 

Sementara itu, sebagai salah satu Shipping Line skala internasional, Evergreen berharap nantinya iCargo merupakan jawaban dalam implementasi layanan satu pintu (one window service).

"Sebab, layanan ini secara terpadu melalui pertukaran data elektronik membantu para pelaku importasi barang ke Indonesia salah satunya shipping lines," ungkap Dwi Toto Chandra, EMI DKT Customer Service Section PT Evergreen Shipping Agency Indonesia.

Yusron Hariyadi, Direktur Utama ILCS menegaskan, iCargo merupakan solusi logistik untuk memudahkan pengguna jasa (Cargo Owner/Consignee dan Freight Forwarder) dalam melakukan permohonan dokumen DO secara online tanpa harus datang ke Shipping Line.

iCargo sendiri memiliki beberapa fitur antara lain fitur perusahaan (single apps track & trace, reconciliation, DO extension, custom dashboard & reporting) dan fitur konsumer (track & trace, Cashless payment).

"Dengan adanya produk iCargo ini, kami dedikasikan untuk membantu percepatan arus barang keluar di pelabuhan sehingga dapat menurunkan angka dwelling time," pungkas Yusron.

Kompas TV Mau ke Sumatera? Lewat Pelabuhan Priok Aja

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.