Sinergi Jiwasraya dan Tiga BUMN Bangun TPA di Kota Tangerang

Kompas.com - 02/09/2016, 14:15 WIB
Dari kiri ke kanan saat penandatanganan penyerahan TPA Pasar Anyar Kota Tangerang, Ki Syahgolang Permata (Adhi Karya), Robbinurwati (Kawasan Berikat Nusantara), Titian Mulyati (Direktur PD Pasar Kota Tangerang), dan Wiwik Sutrisna (Jiwasraya). Pasar Anyar TangerangDari kiri ke kanan saat penandatanganan penyerahan TPA Pasar Anyar Kota Tangerang, Ki Syahgolang Permata (Adhi Karya), Robbinurwati (Kawasan Berikat Nusantara), Titian Mulyati (Direktur PD Pasar Kota Tangerang), dan Wiwik Sutrisna (Jiwasraya).
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com -   Jiwasraya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi melakukan sinergi dengan tiga BUMN yakni Krakatau Steel, Adhi Karya, dan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri. Hasilnya, keempat BUMN itu berhasil membangun Tempat Penitipan Anak (TPA) di lantai dua Pasar Anyar, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Pemerintah sudah lama menyediakan perusahaan asuransi bagi masyarakat untuk membiasakan diri mengantisipasi risiko di masa mendatang. Momentumnya pada 1962, tatkala pemerintah Indonesia mendirikan Perusahaan Negara Asuransi Djiwasraya. Perusahaan yang memunyai cikal bakal dari perusahaan-perusahaan asurani milik pemerintah penjajahan Belanda sejak 1845 itu merupakan peleburan dari Perusahaan Negara Asuransi Djiwa Sedjahtera.

Menurut siaran pers yang diterima Kompas.com kemarin, ada berbagai fasilitas yang ada di TPA itu. Selain tempat bermain anak, ada juga perpustakaan dan ruang bagi ibu untuk menyusui. TPA itu buka pada pagi hingga sore. Jumlah pedagang di Pasar Anyar mencapai 1.341 pedagang.

Sejatinya, kebutuhan akan TPA sangat dirasakan, terlebih oleh pedagang yang membawa anak mereka ke pasar dan ibu hamil yang sedang menyusui. “Anak – anak sekarang sudah memunyai tempat bermain yang nyaman. Dengan adanya TPA ini, anak-anak bisa bermain atau belajar karena ada banyak buku bacaan yang bermanfaat buat mereka. Pedagang dan pengunjung Pasar Anyar Kota Tangerang   tidak perlu khawatir lagi meninggalkan anaknya saat mereka berjualan atau berbelanja,” terang Titian Mulyati, Direktur  PD Pasar Kota Tangerang.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bambang, pedagang di los daging. “Kita jadi tenang berjualan, karena kalau anak-anak ikut di los daging, kasihan,” ungkapnya.

Tempat penitipan anak  Pasar Anyar Kota Tangerang  tersebut merupakan salah satu dari program-program  yang dilaksanakan dalam rangka kegiatan tersebut di atas. Program-program lainnya adalah  bantuan 45 bedah rumah veteran RI, bantuan sarana air bersih, pembuatan MCK, Siswa Mengenal Nusantara, pembinaan mantan atlet Banten, pembinaan mantan napi Lapas Tangerang,1000 paket sembako pasar murah BUMN,pemutaran film anak, lomba tradisional, dan peringatan HUT RI yang ke-71.

Menandai peresmian penggunaan TPA Pasar Anyar Kota Tangerang, Wiwik Sutrisna dari  Jiwasraya,  Ki Syahgolang Permata yang juga Sekretaris Korporasi Adhi Karya,  dan Direktur PD Pasar Kota Tangerang Titian Mulyati melakukan pengguntingan pita.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X