Percepat Proyek 35.000 MW, Pemerintah Beri Jaminan Pinjaman untuk PLN

Kompas.com - 06/09/2016, 20:18 WIB
Ilustrasi listrik ShutterstockIlustrasi listrik
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan jaminan pinjaman untuk PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam pembiayaan proyek infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW.

Tata cara pelaksanaan pemberian jaminan pemerintah itu ada di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 130/PMK.08/2016 yang diterbitkan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Misalnya PLN peroleh (dana pinjaman) dari peminjam, kami akan jamin kepada peminjam bahwa kredit tersebut didukung pemerintah," ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Robert Pakpahan, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Dalam proyek 35.000 MW, PLN memiliki dua skema pembangunan infrastruktur listrik yakni dengan cara swakelola dan kerjasama dengan penyedia tenaga listrik swasta.

Pada kedua skema itu, PLN kerap membutuhkan dana untuk mendanai proyek pembangunan infrastruktur atau membeli listrik dari penyedia listrik swasta.

Namun, selama ini PLN kerap kesulitan mendapatkan pendanaan dari pihak ketiga lantaran tidak ada penjaminan dari pemerintah.

Oleh karena itulah, Kemenkeu menilai pentingnya pemberian jaminan pinjaman kepada PLN agar proyek 35.000 MW bisa dipercepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.