Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plt Menteri ESDM: Selama Ini Kita Kurang Riset Bidang Migas...

Kompas.com - 07/09/2016, 11:54 WIB
Estu Suryowati

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak semua pihak untuk memperbanyak kegiatan penelitian atau riset di bidang minyak dan gas bumi (migas).

Menurut Luhut, kurangnya kegiatan riset migas membuat Indonesia tidak memiliki basis data yang lengkap mengenai potensi migas yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan eksplorasi.

"Sekarang basis data kita sangat minim sekali, cadangan migas hanya 3,6 miliar barrel, padahal potensinya bisa mencapai 100 miliar barrel-200 miliar barrel," kata Luhut di Universitas Indonesia (UI), Depok, Rabu (7/9/2016).

Guna mendorong kegiatan pengumpulan data potensi migas, Luhut mengatakan, saat ini enam kapal sudah dikerahkan, yakni dari Kementerian ESDM, Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi, serta instansi lain yang mendukung.

"Sekarang ada dukungan dari TNI juga. Pekerjaan super-besar kemungkinan membuat negara ini menjadi lebih baik," ucap Luhut. (Baca: Agar Investor Tertarik, Bagi Hasil Migas Dikaji Lebih Fleksibel)

Kompas TV Komitmen Investasi Meroket Hingga 167%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com