Plt Menteri ESDM: Selama Ini Kita Kurang Riset Bidang Migas...

Kompas.com - 07/09/2016, 11:54 WIB
|
EditorAprillia Ika

DEPOK, KOMPAS.com — Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak semua pihak untuk memperbanyak kegiatan penelitian atau riset di bidang minyak dan gas bumi (migas).

Menurut Luhut, kurangnya kegiatan riset migas membuat Indonesia tidak memiliki basis data yang lengkap mengenai potensi migas yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan eksplorasi.

"Sekarang basis data kita sangat minim sekali, cadangan migas hanya 3,6 miliar barrel, padahal potensinya bisa mencapai 100 miliar barrel-200 miliar barrel," kata Luhut di Universitas Indonesia (UI), Depok, Rabu (7/9/2016).

Guna mendorong kegiatan pengumpulan data potensi migas, Luhut mengatakan, saat ini enam kapal sudah dikerahkan, yakni dari Kementerian ESDM, Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi, serta instansi lain yang mendukung.

"Sekarang ada dukungan dari TNI juga. Pekerjaan super-besar kemungkinan membuat negara ini menjadi lebih baik," ucap Luhut. (Baca: Agar Investor Tertarik, Bagi Hasil Migas Dikaji Lebih Fleksibel)

Kompas TV Komitmen Investasi Meroket Hingga 167%

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.