Kompas.com - 08/09/2016, 20:06 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia Tbk memprediksi pertumbuhan kredit perseroan hingga akhir tahun 2016 masih bertengger di posisi minus.

Adapun penurunan paling dalam terjadi pada segmen otomotif yang menyumbang hampir 35 persen dari total penyaluran kredit perseroan.

Direktur Keuangan Bank Danamon Vera Eve Lim menjelaskan, pertumbuhan kredit perseroan khususnya di segmen otomotif sudah berada di kisaran minus sejak tahun lalu. Ini merupakan pengaruh dari menurunnya kinerja industri otomotif hingga 25 persen.

Kinerja serupa terjadi pada Adira finance, anak perusahaan Bank Danamon yang memfokuskan diri pada pembiayaan kendaraan bermotor. Penyaluran yang berada dalam kondisi minus terutama terjadi pada segmen kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat komersial.

Meskipun demikian, Vera mengaku perseroan enggan berpaling dari penyaluran kredit di segmen otomotif. Pasalnya, perlambatan yang terjadi pada tahun ini lebih disebabkan karena permintaan yang memang melemah dan sifatnya pun sementara.

"Kami harapkan tahun depan permintaan kendaraan komersial positif. Ini salah satu ciri-ciri pertumbuhan ekonomi positif," jelas Vera di sela-sela acara Durian Fest di Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Bank Danamon pun belum melihat indikasi jelas terkait kinerja kredit di segmen otomotif. Saat ini, perseroan tengah mengerjakan rencana kerja untuk tahun 2017 mendatang.

Meskipun demikian, perseroan tetap optimis penyaluran kredit otomotif bisa terkerek pada tahun 2017. Hal ini sejalan dengan perekonomian nasional yang diharapkan membaik pula, sehingga mampu menggenjot permintaan kendaraan bermotor.

"Tetapi sejauh ini kami tetap optimis. Kami harapkan apa yang direncanakan pemerintah sekarang dan tahun depan lebih baik dan kami juga mengharapkan ekonomi lebih baik," ungkap Vera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.