Kompas.com - 08/09/2016, 23:31 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, pemerintah sudah menetapkan bahwa surat tanda nomor kendaraan (STNK) tidak perlu balik nama dari individu menjadi atas nama perusahaan.

"Ya alhamdulillah sudah sepakat tiga kementerian, yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Koperasi dan UKM setuju tidak perlu balik nama STNK," ujar Ridzki dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Menurut Ridzki, peraturan balik nama STNK itu bertentangan dengan prinsip bisnis dari jasa transportasi online, yakni sharing economy atau ekonomi berbagi.

Pasalnya, Grab hanya menyediakan platform aplikasi, sedangkan kendaraan disediakan oleh mitra Grab.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, para sopir boleh tidak membalik nama STNK-nya asalkan mereka bergabung dengan koperasi.

"Kalau koperasi, asetnya milik individu, jadi tidak usah balik nama STNK," imbuh dia.

Sekadar Informasi, peraturan balik nama STNK tercantum pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016.

Peraturan tersebut ditentang oleh para sopir karena kendaraan yang digunakan bukanlah milik perusahaan, melainkan milik pribadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.