Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kata Bank Danamon soal Penurunan DP KPR?

Kompas.com - 09/09/2016, 01:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa waktu lalu, Bank Indonesia (BI) menyempurnakan ketentuan loan to value (LTV) untuk kredit properti. Dengan pelonggaran ini, diharapkan, pertumbuhan kredit properti dapat terwujud.

Dengan adanya penyempurnaan aturan tersebut, uang muka alias down payment (DP) untuk rumah pertama dengan mekanisme kredit pemilikan rumah (KPR) menjadi 15 persen untuk rumah tipe 70 ke atas. Adapun DP rumah kedua menjadi 20 persen dan rumah ketiga menjadi 25 persen.

Direktur Keuangan PT Bank Danamon Indonesia Tbk Vera Eve Lim menyebut, pihaknya menyambut baik keputusan bank sentral untuk menyempurnakan aturan LTV. Walau demikian, Bank Danamon tetap memiliki parameter risiko tersendiri.

"LTV itu bagus, tetapi secara internal kami juga punya risk parameter tersendiri," ujar Vera di sela-sela acara Durian Fest di Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Dalam menyalurkan kredit tak terkecuali kredit perumahan, perseroan akan menyesuaikan dengan profil risiko masing-masing nasabah. Masing-masing bank pun memiliki penerapan harga berdasarkan risiko tersendiri.

Di samping itu, perseroan pun tetap menerapkan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit. Dengan demikian, pelonggaran ketentuan LTV ini tentu saja akan disesuaikan kepada masing-masing nasabah.

"Jadi, saya pikir, Danamon juga mempunyai modal internal di dalam mengukur kelayakan nasabah," imbuh Vera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com