BNI, BRI, dan Bank Mandiri Kucuri PLN Kredit Modal Kerja Rp 20 Triliun

Kompas.com - 09/09/2016, 18:29 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memperoleh tambahan Kredit Modal Kerja (KMK) talangan subsidi tahun 2016 menjadi sebesar maksimum Rp 20 triliun.

Selain itu, perseroan juga mendapatkan komitmen pinjaman untuk kredit investasi senilai maksimum Rp 12 triliun.

Dukungan dana ini diberikan guna memenuhi kebutuhan investasi kelistrikan tanah air dan memperkuat arus kas PLN terkait pembayaran energi primer.

Perjanjian pinjaman ditandatangani Direktur Utama PLN Sofyan Basir, Direktur Utama BNl Achmad Baiquni, Direktur Utama BRI Asmawi Syam, dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo disaksikan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Rencananya, kredit dari tiga perbankan Sindikasi BUMN ini akan digunakan untuk mendanai proyek investasr pembangkit, transmisi, distribusi dan sarana.

"Sedangkan upsize KMK yang semula sebesar Rp 15 triliun menjadi Rp 20 triliun digunakan untuk memperkuat arus kas PLN terkait kebutuhan modal kerja untuk pembayaran energi primer," tulis PLN dalam keterangan resmi, Jumat (9/9/2016).

Dalam perjanjian kredit sindikasi, masing-masing bank akan memberikan plafon kredit dengan nilai maksimum Rp 4 triliun.

Pinjaman ini bertenor selama 10 tahun. Dengan adanya perjanjian tersebut, diharapkan proses pembauigunan pembangkit, transmisi, distribusi dan sarana penunjangnya dapat dipercepat, terutama untuk mendukung Program 35.000 MW dalam lima tahun ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.