Petrokimia Gresik Hibahkan Hewan Kurban Senilai Rp 673 Juta

Kompas.com - 12/09/2016, 21:15 WIB
|
EditorAprillia Ika

GRESIK, KOMPAS.com – Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah, PT Petrokimia Gresik (PG) juga menyerahkan hewan kurban yang termasuk dalam program Corporate System Responsibility (CSR), kepada masyarakat yang berada di sekitar lingkungan pabrik.

Dalam program CSR kali ini, PG menyerahkan hewan kurban yang terdiri dari 23 ekor sapi, dengan jenis Limousin dan Simental, serta 85 ekor kambing, kepada sejumlah masjid dan mushala yang berada di sekitar perusahaan.

Nilai CSR tersebut mencapai Rp 673 juta. “Semangat Idul Adha, tidak sekedar menyembelih hewan kurban. Melainkan, semangat untuk berbagi dan berkorban demi orang lain yang lebih membutuhkan,” ungkap Direktur Utama PG Nugroho Christijanto, Senin (12/9/2016).

Untuk agenda penyerahan hewan kurban sendiri, secara simbolis dilakukan oleh direksi beserta staf PG selepas menunaikan sholat berjamaah Idul Adha di Masjid Nurul Jannah, yang berada di kompleks perumahan PG.

Pembagian hewan kurban tersebut, tutur Nugroho, merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh perusahaan pelat merah tersebut, dalam setiap perayaan Hari Raya Idul Adha.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud syukur perusahaan, atas doa serta dukungan masyarakat sekitar perusahaan, sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan baik.

“Untuk itu, kami mohon dukungan dan doa, terutama dari warga sekitar perusahaan. Supaya Petrokimia Gresik dapat terus memberikan manfaat, baik kepada masyarakat sekitar, petani, bangsa, maupun negara,” ujarnya.

Nugroho lantas menjelaskan, jika sebagian hewan kurban sapi yang dihibahkan PG kepada masyarakat yang ada di sekitar pabrik tersebut, merupakan sapi yang dipelihara di Pusat Riset PG, yang berada di Kompartemen Riset PG, di Jalan Noto Prayitno, Gresik, Jawa Timur.

Sapi-sapi tersebut diberikan pakan yang dicampur dengan Petrobiofeed. Yakni, produk probiotik hasil riset PG, yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh ternak, serta mengefektifkan penyerapan nutrisi pada proses pencernaan.

“Berdasarkan riset yang dilakukan oleh kompartemen riset kami, Petrobiofeed mampu menaikkan bobot sapi rata-rata 0,8 kilogram sampai 1,3 kilogram per hari,” kata dia.

Ia pun menjelaskan, jika Petrobiofeed juga telah tersedia di toko milik PG yang bernama Petromart.

Bersama dengan berbagai produk inovasi hasil riset PG yang lain, Petrobiofeed tersedia di minimarket tersebut, yang juga menyediakan klinik konsultasi bagi kegiatan usaha pertanian.

Kompas TV "Mal" Hewan Kurban Ini Lengkapi Sapi Pakai Asuransi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.