Sofjan Wanandi Imbau Pengusaha di Tanah Abang Ikut Amnesti Pajak

Kompas.com - 13/09/2016, 15:50 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Ahli Wakil Presiden RI Sofjan Wanandi mengimbau agar para pengusaha ritel yang menjalankan bisnis di pusat belanja grosir seperti Tanah Abang atau Mangga Dua dapat mengikuti program pengampunan pajak.

Sebab, para pengusaha ini merupakan potensi yang besar bagi pemerintah untuk menghimpun dana tebusan maupun deklarasi.

"Mereka ini pengusaha-pengusaha  Tanah Abang itu ritel semua. Lebih banyak menengah ke bawah dan ritel," kata Sofjan kepada wartawan di sela-sela Lokakarya Tax Amnesty, Sabtu (10/9/2016) lalu.

Sofjan mengatakan, pihaknya berharap setidaknya para pengusaha ritel di Tanah Abang, Mangga Dua, maupun Pintu Kecil, serta kawasan bisnis lainnya dapat melakukan deklarasi hartanya mengingat rata-rata dana mereka ditempatkan di dalam negeri.

Menurut Sofjan, setidaknya dari mereka, bisa dihimpun dana antara Rp 2 triliun hingga Rp 3 triliun ke program pengampunan pajak.

Namun kata Sofyan, saat ini mereka masih mengalami kendala dalam mengikuti program pemerintah tersebut.

"Sekarang ini mereka masih pusing bagaimana mengisinya. Sebenarnya tidak terlalu repot, karena dananya ada di dalam negeri," jelas Sofjan.

Lebih jauh Sofjan mengatakan, uang tebusan pengampunan pajak yang akan masuk hingga akhir bulan September 2016 diperkirakan mencapai kisaran Rp 30 triliun hingga Rp 40 triliun.

Sofjan mengungkapkan, ia memperoleh laporan uang tebusan yang masuk hingga pekan lalu mencapai Rp 14 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.