Tekan "Dwell Time", Budi Karya Minta Bos-bos Pelindo Benahi Lima Masalah Internal Pelabuhan

Kompas.com - 17/09/2016, 17:37 WIB
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, berakhir pekan dengan menggelar rapat bersama direktur utama empat Pelindo, di kantornya Kementerian Perhubungan, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Dari rapat sekitar dua jam lamanya, mantan bos AP II itu mendapati ada beberapa masalah yang menyebabkan waktu tunggu di pelabuhan (dwell time). Salah satunya masalah internal yang ada di pelabuhan di bawah pengelolaan Pelindo.

“Untuk masalah internal pelabuhan ini, kita (Kementerian Perhubungan dan Pelindo) melakukan suatu komitmen bersama,” kata Budi.

Ada lima masalah internal pelabuhan yang akan dibenahi. Pertama, kelayakan alat di pelabuhan baik kuantitas maupun kualitas.

Budi mengatakan, pihaknya akan menunjuk tim-tim untuk mengawasi dan mengevaluasi apakah peralatan yang ada di masing-masing Pelindo sudah cukup dengan kapasitas pelabuhan.

“Apabila tidak (cukup), harus ada suatau improvement,” imbuh Budi.

Kedua, Budi meminta bos-bos Pelindo untuk bisa melakukan operasional 24 jam. Budi menyadari, operasional 24 jam ini bukan hanya fasilitas pelabuhannya yang buka 24 jam, melainkan sumber daya manusianya yang stand by 24 jam.

“Pelabuhan buka 24 jam itu bisa dilakukan. Pekerja ada 24 jam itu mesti dengan jaminan atau gaji yang memadai agar mereka mau bekerja 24 jam,” kata Budi.

Ketiga, masalah yang berkaitan dengan tarif. Untuk masalah ini Budi mengatakan masih akan melakukan pembahasan lebih jauh dengan keempat Pelindo satu hingga dua pekan ke depan.

Keempat, masalah yang berkaitan dengan trucking. Menurut Budi, aktivitas trucking inilah yang selama ini selalu menjadi kambing hitam lamanya dwell time di pelabuhan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.