Hari Ini, Sri Mulyani Hadiri Sidang Gugatan UU "Tax Amnesty" di MK

Kompas.com - 20/09/2016, 09:52 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati KOMPAS.com/Estu SuryowatiMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahkamah Konstitusi (MK) akan melanjutkan persidangan uji materi Undang-Undang Nomer 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak atau tax amnesty pada Selasa (20/9/2016).

Seperti dikutip dari situs MK, sidang kali ini akan dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan agenda mendengarkan keterangan Presiden dan DPR terkait UU Pengampunan Pajak.

Meski begitu, Presiden Joko Widodo akan diwakili oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sidang hari ini. Perempuan yang kerap disapa Ani itu sudah dijadwalkan akan merapat ke Gedung MK pukul 14.00 WIB.

Pemerintah sendiri sudah menyatakan siap menghadapi dengan serius gugatan terhadap Undang-undang Pengampunan Pajak di Mahkamah Konstitusi (MK).

Seperti diketahui, ada 4 perkara gugatan UU Pengampunan Pajak di MK. Gugatan itu dilayangkan Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia, Yayasan Satu Keadilan, gabungan serikat buruh, dan tiga warga negara.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi mengatakan siap datang di ruang sidang MK bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Bu Menteri dan saya sendiri akan hadir di sidang," ujar Ken di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menuturkan, pemerintah sudah mempelajari dengan baik ihwal gugatan UU Pengampunan Pajak di MK. Ahli hukum pun sudah disiapkan oleh pemerintah. Ken beberapa kali menjelaskan bahwa kebijakan tax amnesty bukanlah kebijakan yang dibuat demi popularitas Direktorat Jenderal Pajak atau Kementerian Keuangan.

"Tax amnesty adalah kepentingan bangsa dan negara. Kalau mau melawan kepentingan bangsa dan negara ya anda pikir sendiri," kata Ken.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.