Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakan Rakor, Menteri Luhut Siapkan Langkah Atasi Masalah "Dwell Time"

Kompas.com - 20/09/2016, 20:13 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Pandjaitan mengadakan rapat koordinasi (rakor) membahas permasalahan waktu bongkar muat kapal barang atau dwell time di beberapa pelabuhan Indonesia.

"Kami sinkronisasikan semua kementerian dan lembaga supaya proses dwell time seperti permintaan presiden di bawah tiga hari," ujar Luhut saat ditemui di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Luhut menuturkan, dalam sinkronisasi tersebut terdapat langkah-langkah yang akan mempercepat proses dwell time.

Salah satunya, mengintegrasikan semua kementerian dan lembaga dalam satu sistem elektronik. 

Artinya, dalam koordinasi, pelaksanaan dwell time akan dilakukan secara online. Jadinya tidak ada kontak personal antara petugas dalam melaksanakan dwell time. Ini dilakukan juga untuk mengurangi persekongkolan antara petugas.

Plt Menteri ESDM ini juga mengatakan, dirinya akan mengecek langsung pelaksanaan dwell time di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada 3-4 Oktober 2016.

"Pelabuhan besar itu kita harapkan bisa terintegrasi dengan satu sistem. Apalagi Kementerian Kominfo sudah terlibat, akan semakin baik," kata dia.

Hadir dalam rakor tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi, serta Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antonius Tonny Budiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com