Kompas.com - 21/09/2016, 05:30 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat tanggal tua dan masih jauh dari “aroma” uang bulanan yang biasa kamu terima dari orangtua, maka sudah bisa ditebak bagaimana suasana hati dan dompet kamu saat itu.

Sudah bukan rahasia lagi, jika sebagian besar anak kos akan kehabisan uang di saat tanggal tua, bahkan mungkin seringkali di saat tanggal belum begitu tua juga.

Menjadi anak kos dan tinggal jauh dari keluarga, tentu akan membuat kamu harus jeli dan pintar dalam mengelola keuangan.

Apalagi kalau ternyata kamu memiliki kebiasaan boros dan selalu gagal dalam mengatur keuangan kamu, bisa-bisa tiap akhir bulan kamu akan kebingungan dan kehabisan uang.

Masih bagus kalau kamu bisa dapat pinjaman dari teman, nah kalau ternyata tidak bisa, mau bagaimana?

Jangan malas untuk berhemat, sebab bukan satu dua bulan saja kamu akan kuliah dan menjadi anak kost, ini bahkan bisa bertahun-tahun lamanya.

Jadi, sampai kapan kamu akan linglung karena kehabisan uang di akhir bulan? Simak cara-cara berhemat berikut ini, yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan uang kirimanmu sepanjang bulan:

•    Prioritaskan yang paling penting
Sebagian besar orang akan selalu beranggapan bahwa semua hal adalah penting, termasuk berbagai barang dan kebutuhan.

Ini adalah sebuah kesalahan, sebab akan selalu ada yang penting dan bahkan yang paling penting yang memang harus dipenuhi dalam kebutuhan.

Jadi, biasakan untuk mengetahuinya dengan baik dan memenuhi hanya kebutuhan yang paling penting saja, artinya yang tidak begitu penting harus diabaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.