PT INKA Target Kuasai Pasar Asia Selatan dan Afrika

Kompas.com - 22/09/2016, 08:30 WIB
Inilah salah satu gerbong kereta api pesanan negara Banglades buatan PT INKA Kontributor Madiun, Muhlis Al AlawiInilah salah satu gerbong kereta api pesanan negara Banglades buatan PT INKA
|
EditorAprillia Ika

MADIUN, KOMPAS.com - PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) menargetkan untuk menguasai pasat Asia Selatan dan Afrika, setelah sukses memperluas pangsa pasar di wilayah ASEAN.

"Kami sudah membangun hubungan dengan Mesir, sehingga menjadi hak kami untuk mengembangkan produk ke sana,” ujar Direktur Keuangan dan SDM PT INKA, Muhammad Nur Sodiq, disela kegiatan pengiriman tiga gerbong KA ke Banglades, Rabu (21/9/2016) sore.

Sodiq mengungkapkan saat ini kawasan ASEAN semuanya sudah menggunakan produk PT INKA. Saat ini perusahaan juga mengikuti tender kereta diesel elektrik di Srilangka yang menjadi kompetensi PT INKA.

Kata Sodiq, meski PT INKA saaat ini orientasinya ekspor tetapi tidak melepas pasaran domestik. PT INKA tetap berusaha untuk menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Permodalan

Sodiq mengatakan, pemerintah mendukung PT INKA dengan modal sekitar Rp 1 triliun. Tak hanya itu, pemerintah juga memberi dukungan dalam bentuk fasilitas kredit melalui Exim Bank.

Kredit tersebut digunakan untuk pendanaan proyek ekspor dengan bunga sangat murah sehingga PT INKA bisa berkompetisi.

“Lawan kami secara utama India dan China. Kami yakin bisa mengalahkan mereka karena pemerintah mendukung PT INKA dari sisi teknis dan dana,” kata dia.

Data PT INKA menunjukkan bahwa selama tiga tahun berturut-turut keuntungan PT INKA selalu. “Tidak mungkin kami kerjakan proyek rugi,” kata Sodiq.

Kompas TV Lagi Diperbaiki, Dua Gerbong KA Terbakar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X