OJK: Keputusan The Fed Tak Naikkan Suku Bunga Bagus buat Likuiditas Indonesia

Kompas.com - 22/09/2016, 13:20 WIB
|
EditorAprillia Ika

PALU, KOMPAS.com — Keputusan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve (The Fed) untuk tidak menaikkan suku bunga acuan (Fed Fund Rate) menjadi kabar baik bagi Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D menyampaikan, dalam jangka pendek, suku bunga acuan Fed yang dipertahankan dapat menurunkan potensi pembalikan modal ke AS.

"Dengan begitu, likuiditas membaik, indeks membaik," kata Muliaman di Palu, Sulawesi Tengah,  Kamis (22/9/2016).

Muliaman mengatakan, sikap Gubernur The Fed Janet Yellen terlihat lebih dovish daripada sebulan sebelum digelarnya Federal Open Market Committee Meeting (FOMC Meeting).

Menurut Muliaman pada bulan lalu, berbagai pernyataan Yellen menunjukkan sikap hawkish dan menguatkan sinyal penaikan Fed Fund Rate.

"Saya kira, statement yang agak dovish itu justru membalikkan modal, kembali ke Indonesia," kata Muliaman.

Walau begitu, Muliaman mengingatkan pemerintah dan otoritas moneter, apa pun perkembangan yang terjadi di negeri Paman Sam adalah sesuatu yang berada di luar kontrol Indonesia.

"Yang penting Indonesia memperkuat fundamental sehingga, apa pun yang terjadi, Indonesia bisa lebih kuat," kata Muliaman.

Sebagai informasi, The Fed memilih untuk tidak menaikkan suku bunga acuan selepas FOMC Meeting, Rabu waktu setempat, atau Kamis waktu Indonesia barat.

Fed mempertahankan suku bunga overnight lending antarbank di level 0,25 persen-0,50 persen. Sebelumnya, kenaikan suku bunga AS tercatat pada Desember tahun lalu, setelah hampir satu dekade.

Kompas TV Rupiah Berhubungan dengan The Fed?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.