Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Pasar Berbeda, Fintech Investree Sebut Bukan Pesaing Perbankan

Kompas.com - 28/09/2016, 20:43 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan financial technology (fintech), PT lnvestree Radhika Jaya (lnvestree), mengatakan pihaknya bukan ancaman bagi dunia perbankan nasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chairman dan Co-Founder Investree, Adrian Gunadi, pada konfrensi pers di Plaza Sentral, Jakarta, Rabu (28/9/16).

"Usaha seperti Investree tidak dianggap oleh industri perbankan sebagai ancaman. Karena kami menyasar segmen pasar yang berbeda dan belum tersentuh oleh industri perbankan," ujar Adrian.

Dia menyebutkan, dengan menyasar kalangan usaha kreatif dan Usaha Kecil Menengah (UKM), pihaknya turut mendorong program pemerintah terkait pembiayaan UKM.

"Usaha kami turut melengkapi inisiasi KUR yang digalakkan pemerintah dan industri perbankan," tambahnya.

Adrian menegaskan, Investree menyasar usaha kelas menengah yang sering kali dinilai pihak perbankan belum memenuhi sejumlah persyaratan untuk dapat memperoleh akses permodalan.

"Tetapi, usaha yang bisa mendapatkan pinjaman dari Investree juga merupakan usaha dengan masa operasional minimal satu tahun," jelas Adrian.

Ke depan, Adrian berharap perusahaannya dapat berkolaborasi dengan pelaku industri perbankan.

Dijelaskan, pelaku UKM yang ingin mendapatkan pinjaman, cukup mengakses Investree.id dan melakukan registrasi untuk pengajuan pinjaman.

Setelah itu, tim Investree akan menganalisis aplikasi pinjaman sebelum menawarkan kepada pihak yang ingin menginvestasikan dananya.

"Setelah disetujui dan diberikan pinjaman, peminjam wajib membayar pinjaman melalui Investree sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," jelas Adrian.

Adrian menjelaskan, sebagai anggota dari Asosiasi Fintech Indonesia, Investree aktif dan terus berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam penyusunan regulasi fintech di Indonesia.

"Investree berperan sebagai wakil fintech Indonesia di bidang peer-to-peer. Untuk regulasi mudah-mudahan akhir tahun 2016, OJK telah mengumumkan panduan terkait bidang peer-to-peer ini," ungkapnya.

Sebagai informasi, PT lnvestree Radhika Jaya (lnvestree) merupakan perusahaan financial technology (fintech) yang bergerak dalam layanan peer-to-peer (P2P) lending online marketplace. Investree marketplace mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman secara online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com