Temukan Cadangan Minyak Baru, Saka Energi Targetkan Produksi di 2019

Kompas.com - 29/09/2016, 19:51 WIB
Pramdia Arhando Julianto Konfrensi Pers Saka Energi di Kawasan Industri Maspion, Gresik, Jawa Timur, Kamis (29/9/2016).

GRESIK, KOMPAS.com - PT Saka Energi berhasil menemukan sumber baru minyak bumi di Lapangan Sidayu Empat, Blok Pangkah, Jawa Timur.

Cadangan minyak tersebut diperkirakan mencapai 300 juta juta barel oil equivalent (BOE). Untuk melakukan eksplorasi di lapangan Sidayu Empat, Blok Pangkah, Jawa Timur, Saka Energi menggelontorkan investasi sebesar 17 juta dollar AS.

Direktur Utama Saka Energi, Tumbur Parlindungan mengatakan seiring dengan temuan itu, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) ini berharap bisa memulai produksi pada tahun 2019.

"Mudah-mudahan bisa lebih cepat lagi (pengajuan PoD). Kami ikuti proses di SKK Migas. Kami mengharapkan kontribusi yang cukup signifikan dari hasil produksi lapangan Sidayu di tahun 2019," ujar Tumbur Kamis (29/9/2016).

Untuk keperluan operasional bisnis, Saka Energi telah menyiapkan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) sejak dua tahun lalu.

Dengan berbagai persiapan dan perizinan yang telah dilakukan sejak satu tahun lalu diharapkan dapat mempercepat pengajuan pengembangan wilayah blok Pangkah.

Sementara itu, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tengah menunggu seluruh proses penemuan cadangan minyak selesai di akhir tahun.

"Sehingga pengajuan PoD bisa dipercepat pengajuannya pada pertengahan tahun depan," ujar Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi.

Saka Energi saat ini mencatatkan produksi migas mencapai 28.000-30.000 barrel of oil equivalent per day (BOEPD).

Produksi migas tersebut berasal dari produksi gas dari lapangan gas Fasken di Texas Amerika sebesar 160-190 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD) dan sisanya berasal dari Blok Pangkah Madura, Jawa Timur dan Blok South East Sumatera. 



EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X