Ini Hal Utama pada Pelayanan Penjualan Minuman Beralkohol

Kompas.com - 30/09/2016, 19:54 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Ada hal utama pada pelayanan penjualan minuman beralkohol. Hal itu adalah pendekatan keterampilan sosial. Dengan pendekatan itu juga, sebagaimana tertulis dalam rilis PT Multi Bintang Indonesia Tbk, hari ini, penjualan minuman beralkohol bisa dilakukan secara bertanggung jawab.

Selanjutnya, PT Multi Bintang Indonesia Tbk, emiten berkode MLBI di Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan bahwa telah menyelenggarakan pelatihan bagi 114 bartender dari sejumlah bar di Jakarta. Pelatihan ini menekankan keterampilan seputar pelayanan penjualan minuman beralkohol serta strategi mengindentifikasi pencegahan penyalahgunaan alkohol yang dapat diimplementasikan oleh bartender dalam keseharian pekerjaan mereka. "Kami telah melakukan beberapa program keberlanjutan untuk mengadvokasi konsumsi yang bertanggung jawab. Salah satunya adalah pelayanan penjualan minuman beralkohol yang menjadi perhatian utama Multi Bintang”, kata Bambang Britono, Direktur Hubungan Korporasi Multi Bintang.

Pelatihan bertajuk Responsible Serving Training dilakukan pada 27-30 September 2016 pada empat tempat berbeda dan diikuti oleh 114 bartender dari tiga grup grup besar di Jakarta seperti Holywings Group, Biko Group (Beer Garden, Pao-pao, Fujin, Kopitan), dan Hard Rock Café Jakarta. Pelatihan serupa sudah dilakukan sejak 2015 di Jakarta dan sebelumnya pada Maret 2016 di Bali dengan total hampir 50 bartender berpartisipasi.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Bartender menunjukkan cara menuangkan bir saat acara Beer-B-Q di Pabrik PT Multi Bintang Indonesia, Tangerang, Banten, Jumat (17/4/2015). Berdasar Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 06/M-DAG/PER/1/2015, mulai 16 April 2015, kebijakan larangan penjualan minuman beralkohol alias minuman keras di minimarket-minimarket di Indonesia berlaku efektif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.