Bos Alfamart: Kalau Pengusaha Enggak Ikut "Tax Amnesty", Gila Aja...

Kompas.com - 30/09/2016, 20:20 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bos Alfamart Djoko Susanto menilai, para pengusaha akan rugi bila tidak memanfaatkan program pengampunan pajak atau tax amnesty.

"Kalau pengusaha enggak ikut tax amnesty, itu pengusaha gile ," ujar Djoko sembari tertawa saat jumpa pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jumat (30/9/2016).

Pernyataan Djoko itu membuat bos Grup Sinarmas Franky Widjaja yang duduk bersebelahan ikut tertawa. Selain keduanya, jumpa pers juga dihadiri oleh Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi.

Menurut Djoko, program tax amnesty yang dilaksanakan pemerintah merupakan program langka. Oleh karena itu para pengusaha seharusnya memanfaatkan program tersebut untuk melaporkan harta-harta yang belum dilaporkan selama ini.

"Saya kira ini kesemaptan yang bagus untuk pengusaha kareba langka kemungkinan program ini enggak akan ada lagi," kata Djoko.

Sebagai pengusaha yang juga bekerja sama dengan para pengusaha waralaba, Djoko mengimbau para pengusaha waralaba yang merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk ikut memanfaatkan program tax amnesty.

Saat ini Alfamart sudah memiliki 12.000 gerai diseluruh Indonesia. Dari jumlah itu, sekitar 3.000 gerai merupakan waralaba. Menurut Djoko, sekitar 9.000 gerai Alfamart yang bukan waralaba sudah tercatat di 300 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) diseluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.