Bank Mandiri Kucurkan KUR untuk Nelayan Lamongan

Kompas.com - 06/10/2016, 15:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lamongan, Jawa Timur. Kredit ini digunakan untuk meningkatkan kapasitas nelayan dalam menangkap hasil laut.

Penyerahan perjanjian KUR tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo kepada perwakilan nelayan serta disaksikan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf di Tempat Pelelangan Ikan Brondong, Lamongan, Jawa Timur, Kamis (6/10/2016).

Perseroan juga memberikan hibah berupa satu unit timbangan berkapasitas 250 kg-500 kg, satu unit bak sampah, lima gerobak sampah dan 300 keranjang ikan kepada para nelayan di lingkungan Tempat Pelelangan Ikan Brondong, Lamongan.

Menurut Kartika, saat ini komunitas nelayan menjadi bagian penting dalam jaring industri pengolahan ikan, yang merupakan salah satu klaster unggulan pencipta lapangan kerja dan penurunan angka kemiskinan.

Oleh karena itu, penguatan kapasitas nelayan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan penghasilan mereka.

Penyaluran KUR ini dilakukan secara kolektif dengan melibatkan PT Kelola Mina Laut sebagai pembina para nelayan tersebut.

"Pelibatan perusahaan pembina diharapkan akan menghasilkan aktivitas penyaluran KUR yang berkualitas, tepat sasaran dan memberi hasil optimal,” ujar Kartika dalam keterangannya. 

Menurut dia, langkah ini juga menjadi salah satu upaya perseroan untuk memperbesar penyaluran KUR secara keseluruhan, khususnya kepada para petani dan nelayan.

Per September 2016, portofolio KUR Bank Mandiri secara nasional tercatat sebesar Rp 8,79 triliun, atau sekitar 67 persen dari target tahun ini sebesar Rp 13 triliun. 

Adapun KUR tersebut diberikan kepada 225.048 pelaku usaha mikro dan kecil.

Dari nilai tersebut, Rp 5,66 triliun merupakan KUR segmen ritel, Rp 3,12 triliun KUR mikro dan Rp 6,56 miliar KUR yang diberikan kepada TKI.

Alokasi KUR Bank Mandiri terbesar berada di wilayah Jawa Timur, yaitu sebesar Rp 1,32 triliun (15 persen), diikuti Provinsi Jawa Tengah Rp 1,15 triliun (13 persen), dan Jawa Barat sebesar Rp 903 miliar (10 persen).

Kompas TV Bunga KUR Resmi Turun Menjadi 9%
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.