Ada Insiden "Galaxy Note 7" Terbakar, Laba Samsung Tetap Tumbuh

Kompas.com - 07/10/2016, 12:45 WIB
Samsung Galaxy Note 7 milik Brian Green The VergeSamsung Galaxy Note 7 milik Brian Green
|
EditorAprillia Ika

SEOUL, KOMPAS.com - Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung Electronics, menyatakan laba operasional untuk kuartal III 2016 diprediksi tumbuh 5,6 persen, berada di atas estimasi.

Samsung menyatakan, peningkatan pendapatan dari chip dan display akan menutupi dampak penarikan produk ponsel Galaxy Note 7 dari pasaran.

Mengutip CNBC, Jumat (7/10/2016), produsen ponsel pintar terbesar di dunia tersebut menyatakan laba pada kuartal III 2016 diprediksi mencapai 7,8 triliun won atau 7 miliar dollar AS.

Laba ini lebih tinggi dari prediksi analis Thomson Reuters StarMine SmartEstimate sebesar 7,4 triliun won. Namun demikian, Samsung menyatakan pendapatan untuk kuartal III 2016 diperkirakan turun 5,2 persen menjadi 49 triliun won.

Samsung pun tidak menjadwalkan untuk mengumumkan kinerja keungannya untuk kuartal III 2016Z dan tidak menjelaskan berapa harga yang harus dibayar dari penarikan Galaxy Note 7.

Sebelumnya, para analis telah menurunkan ekspektasi kinerja keuangan Samsung untuk kuartal III 2016 setelah perseroan mengumumkan penarikan global terhadap setidaknya 2,5 juta unit Galaxy Note 7 di 10 negara, termasuk AS dan Korea Selatan.

Beberapa pihak menyatakan, penarikan Galaxy Note 7 menyebabkan laba divisi mobile Samsung terpangkas 1 triliun won atau lebih.

Meningkatnya kinerja bisnis komponen Samsung menjadi bantalan atas kerugian akibat Galaxy Note 7.

Harga memory chip meningkat karena meningkatnya permintaan dari produsen smartphone seperti Apple.

Menurut analis, ini akan mendorong laba divisi semikonduktor Samsung terangkat selama empat kuartal. 

Kompas TV Samsung Buka Penukaran Galaxy Note 7

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X