Verizon Akan Pangkas 3.200 Pekerjaan "Call Center" di AS

Kompas.com - 14/10/2016, 06:39 WIB
Verizon mengatakan akuisisi AOL akan mendorong bisnis video dan internet berdasar 4G. BBCVerizon mengatakan akuisisi AOL akan mendorong bisnis video dan internet berdasar 4G.
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com — Verizon Communication, perusahaan telekomunikasi besar di Amerika Serikat, berencana untuk memangkas 3.200 pekerjaan call center di lima negara bagian di AS pada tahun ini.

Rencana tersebut dipaparkan Verizon pada Kamis (13/10/2016), dengan alasan ingin merampingkan lini bisnis call center serta mereorganisasi operasi bisnis ini seiring dengan persaingan yang ketat di pasar wireless yang mulai jenuh.

Upaya ini dilakukan Verizon untuk mengonsolidasi layanan pelanggannya di seluruh Amerika Serikat.

Saat ini, Verizon memiliki 162.700 pegawai. Verizon sendiri baru saja menyetujui langkah untuk mengakuisisi Yahoo Inc, senilai 4,8 miliar dollar AS. Upaya akuisisi ini untuk menaikkan pendapatan Verizon di ranah baru, yakni media digital dan iklan.

"Kami merelokasi layanan call center ke negara bagian lain yang memiliki kapasitas ekstra," kata juru bicara Verizon, Kim Ancin, kepada Reuters.

Menurut dia, Verizon menawarkan karyawan yang kehilangan posisinya untuk bekerja di call center di negara bagian lain.

Namun, pekerjaan yang tersedia adalah layanan teknis ke pelanggan dengan paket relokasi mulai 10.000 dollar AS. Sementara itu, yang memilih meninggalkan Verizon akan diberi pesangon dan tunjangan lain.  

Konsolidasi tersebut antara lain melibatkan call center Verizon di Rochester dan Orangeburg di New York, Bangor di Maine, Lincoln di Nebraska, Wallingford dan Meriden di Connecticut, serta Rancho Cordoba di California.

Di New York, penutupan call center ini akan berdampak pada hilangnya 850 pekerjaan. Hal ini menimbulkan reaksi keras dari Gubernur New York Andrew Cuomo.  

"Ini merupakan contoh kesewenangan perusahaan, dan yang terburuk yang kami lihat selama enam tahun terakhir," kata Rich Azzopardi, juru bicara gubernur. Menurut dia, penutupan call center Verizon akan menimbulkan pengangguran di New York.

Mogok kerja dan dukungan Clinton

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X