Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura II Upayakan Penambahan Kecepatan Internet di Bandara Palembang

Kompas.com - 14/10/2016, 13:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan semakin meningkatnya lalu lintas penumpang yang memanfaatkan moda transportasi udara, maka kebutuhan akan fasilitas di bandara pun semakin beragam.

Seiring semakin meluasnya penggunakan perangkat elektronik dan komunikasi digital, sambungan internet di bandara kian dibutuhkan oleh penumpang.

Akan tetapi, tidak semua bandara di Indonesia dilengkapi dengan sambungan internet nirkabel wireless fidelity (wifi) dengan kecepatan tinggi. Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) di Palembang, Sumatera Selatan, misalnya, masih memiliki kecepatan internet yang rendah.

“(Kecepatan internet) di SMB II masih kecil sekali, 2 mbps,” kata Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murjatmodjo di Bandara SMB II, Kamis (13/10/2016).

Djoko mengatakan, pihaknya akan menyampaikan kepada divisi teknik informatika (TI) AP II agar kecepatan internet di Bandara SMB II dapat ditingkatkan.

Meski kecepatannya tidak akan seperti di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, namun ia mengupayakan agar kecepatan internet di Bandara SMB II bisa berkisar antara 10 hingga 15 mbps.

Menurut Djoko, saat ini pihaknya sedang berupaya secara bertahap menjadikan bandara-bandara yang dikelola AP II sebagai smart airport.

Saat ini, AP II sedang berkonsentrasi menjadikan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai smart airport.

Ketika sudah berhasil di Terminal 3, maka AP II akan beralih ke pembenahan Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kemudian, secara paralel AP II akan memilih bandara-bandara lainnya yang akan disulap menjadi smart airport.

Smart airport itu komponennya banyak, kita pilih mana yang lebih dulu. Misalnya yang langsung dirasakan penumpang adalah butuh wifi yang kecepatannya tinggi, kita akan upayakan. Kita kerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) untuk menyiapkan itu,” tutur Djoko.

Kompas TV Tarif Layanan di Tiga Bandara Naik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com