Sampai 2019, PGN Tambah Infrastruktur Pipa Gas Bumi 1.680 Kilometer

Kompas.com - 15/10/2016, 10:25 WIB
Ilustrasi pipa gas diPLTGU dok PGNIlustrasi pipa gas diPLTGU
|
EditorAprillia Ika

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk mulai tahun ini hingga 2019 akan menambah infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 1.680 kilometer (km). Sampai saat ini, PGN telah membangun dan mengoperasikan 7.200 km pipa gas.

"Dengan panjang pipa transmisi dan distribusi gas bumi tersebut, PGN mengoperasikan lebih dari 78 persen pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia," ucap Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusuf di Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/10/2016).

Heri mengatakan hingga 2019 mendatang, PGN akan membangun pipa tansmisi akses terbuka Duri-Dumai-Medan, Muara Bekari-Semarang, pipa distribusi Batam WNTS-Pemping, dan di wilayah lain.

Semuanya dibangun dengan investasi PGN sendiri tanpa mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Dengan penambahan infrastruktur pipa tersebut, maka pada 2019 nanti panang pipa gas mencapai 8.656 km. Dengan panjang pipa ini, maka gas bumi yang dapat disalurkan mencapai 1.902 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

"Dengan penyaluran sebesar itu, maka penghematan nasional mencapai Rp 88,03 triliun per tahun," imbuh Heri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X