Kompas.com - 17/10/2016, 18:28 WIB
|
EditorM Fajar Marta

FRANKFURT, KOMPAS.com - Produsen pesawat asal Eropa Airbus ingin melampaui pesaingnya, produsen pesawat asal AS Boeing dalam hal pengiriman pesawat secara tahunan pada tahun 2020 mendatang.

Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir Airbus kerap tertinggal dari Boeing. Target tersebut diungkapkan oleh CEO Airbus Fabrice Bregier dalam sebuah wawancara di Jerman.

Ia berjanji, Airbus akan mengirim lebih banyak pesawat ketimbang Boeing dalam beberapa tahun ke depan.

"Pada tahun 2020 kami akan kembali mengirim lebih banyak pesawat ketimbang Boeing," ujar Bregier seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (17/10/2016).

Selama bertahun-tahun, Airbus lebih unggul dibandingkan Boeing dalam hal pemesanan pesawat baru.

Akan tetapi, sejak tahun 2012, Boeing mengungguli Airbus dalam hal pengiriman pesawat. Menurut Bregier, saat ini Airbus akan fokus pada pesawat berbadan ramping alias narrowbody seri A320 neo dan pesawat berbadan lebar A350.

Bregier menyatakan, pihaknya berharap dapat mengirim 50 unit pesawat A350 tahun ini, meski pengiriman hingga akhir September 2016 bertahan hanya pada 20 unit.

Airbus mencatat rekor pengiriman pesawat pada tahun 2015. Meskipun demikian, perusahaan manufaktur aviasi yang berpusat di Perancis ini masih belum bisa menggeser posisi Boeing sebagai produsen pesawat terbesar di dunia.

Airbus mencatat rekor pengiriman 635 unit pesawat pada tahun 2015. Sementara itu, Boeing mengirim 762 unit pesawat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.