CIMB dan China Galaxy Jajaki Kemitraan Strategis dalam Bisnis Perantara Perdagangan Efek

Kompas.com - 17/10/2016, 20:36 WIB
EditorM Fajar Marta

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - CIMB Group Sdn Bhd dan China Galaxy International Financial Holdings Limited menandatangani perjanjian awal dalam rangka menjajaki kemitraan strategis di bidang usaha perantara perdagangan efek (stockbroking) pada Senin (17/10/2016).

Kemitraan tersebut mencakup nasabah institusi dan ritel, riset serta bisnis lain terkait kegiatan perusahaan sekuritas ("stockbroking business") dan untuk mengidentifikasi bidang kerja sama lanjutan di bidang pasar modal.

Demikian pernyataan resmi CIMB Group yang diterima Kompas.com Senin di Jakarta.

CIMB Group Sdn Bhd merupakan anak perusahaan CIMB Group Holdings Berhad (CIMB), sedangkan  China Galaxy International Financial Holdings Limited adalah anak usaha China Galaxy Securities Co Ltd (China Galaxy).

CIMB sebagai salah satu bank global terbesar di Asia, dan China Galaxy Securities Group, salah satu perusahaan sekuritas terbesar di Cina, tengah dalam proses menegosiasikan usaha patungan 50:50 di bidang perantara perdagangan efek.

Nantinya, CIMB akan terus menawarkan jasa dan produk investment banking dan pasar modal kepada nasabahnya, sedangkan perusahaan patungan tersebut akan bergerak dalam usaha perantara perdagangan efek.

Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan patungan akan menyediakan platform distribusi efek yang ekstensif dan layanan riset untuk melengkapi sekaligus mendukung unit usaha investment banking maupun unit usaha pasar modal yang seluruh sahamnya dipegang CIMB.

Dengan demikian, reposisi bisnis perantara perdagangan efek CIMB menjadi agen atau playbroker murni dengan nasabah yang berasal dari bank universal tetap akan berjalan dengan baik.

Dalam usaha patungan tersebut, kedua perusahaan akan menggabungkan kemampuan dan jangkauannya agar usahanya semakin besar dan naik setingkat lebih tinggi.

Selain itu, melalui usaha patungan, CIMB akan diuntungkan karena dapat memanfaatkan merjer dan akuisisi yang diarahkan ke Cina dan kegiatan pasar modal lainnya melalui peluang penjualan silang (cross-selling) dan peningkatan sinergi.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.